Wilujeng Sumping diBlog Tono Tarsono "Kisukwan" Sekretaris Jenderal Komunitas Tenaga Sukwan Indonesia (KTSI)

Jumat, 12 Juni 2009

Profesionalkah Anda?

Cara Menjadi Profesional

Dalam menjual dimana hasil dari pelaksanaan hanya dapat dicapai dengan pelaksanaan tingkat tinggi yang berulang-ulang, profesionalisme adalah hal penting yang utama. Anda tidak menjadi seorang profesional hanya karena Anda memiliki gelar atau hanya karena seseorang memberi Anda gelar khusus. Hal-hal yang Anda lakukan pada hari ini lah yang akan membuat Anda menjadi seorang profesional pada hari ini. Anda adalah seorang profesional manakala Anda bertindak sebagai seorang profesional dan Anda berhenti menjadi seorang profesional ketika Anda berhenti bertindak seperti seorang profesional.

Bidang apa pun yang mereka miliki, entah itu olahraga, pengobatan, pemasangan pipa, atau seni peran , para profesional bertindak secara sempurna. Sering kali, mereka muncul untuk bertindak tanpa usaha, tetapi mereka mendemontrasikan suatu keahlian yang patut membuat iri. Para profesional bertindak pada tingkat kesempurnaan yang jarang dicapai oleh orang lain dan sering melakukan berbagai hal yang menurut orang lain tidak dapat dilakukan. Walaupun mereka tidak meneriakkannya, para profesional kelihatannya mengikuti peraturan klasik, “Jika hal itu patut untuk dilakukan, maka hal itu patut dilakukan dengan baik.” Para profesional memberi perhatian penuh pada apa yang perlu mereka capai dalam setiap momen. Mereka tidak melakukan sesuatu yang perlu dilakukan dengan setengah jalan, dan mereka tidak menunda pekerjaan yang harus dilakukan sekarang.

Para profesional mengetahui lebih banyak tentang apa yang mereka lakukan daripada orang lain. Bandingkan perbedaan antara apa yang diketahui dokter tentang kesehatan saya. Gelar akademik bukanlah hal penting, namun yang penting adalah “apa yang diketahui”. “Apa yang diketahui” berhubungan dengan pemahaman yang mendetail tentang semua nuansa subjek.

Para profesional juga terlihat mengarahkan usaha yang tidak henti untuk belajar lebih banyak dan berlatih lebih banyak untuk menjadi lebih baik dalam apa yang mereka lakukan. Ketika para profesional berkaca, alih-alih mengatakan, “Kau hebat,” mereka berkata, “Kau dapat menjadi lebih baik.” Para profesional selalu mencoba mengadakan peningkatan dan selalu melakukan tindakan yang sama, baik secara verbal atau fisik, untuk mencapai kesempurnaan.

Anda akan menjadi seorang profesional dan mengalahkan pesaing dan bahkan rekan penjual jika Anda melakukan hal-hal berikut:

* Memahami produk Anda dan produk pesaing Anda: Pelajari produk, perusahaan, pasar, produk pesaing dan pelanggan Anda. Kumpulkan sendiri semua informasi itu. Jadikan diri Anda unggul dengan menjadi seorang ahli.

* Tetapkan tujuan dan susunlah rencana untuk mencapainya: Susunlah daftar prioritas dan berikan peringkat menurut berapa banyak semua itu berkontribusi pada penjualan sukses Anda. Tetapkan prioritas Anda secara tegas dan habiskan waktu Anda pada hal-hal penting.

* Berlatihlah sampai sempurna dan selalu cobalah melakukan peningkatan. Ketika seorang aktor memainkan peran dari karya Shakespeare selama 30 tahun, ia tidak mengubah kata-kata di dalamnya; ia hanya mencoba menyampaikan kata-kata tersebut dengan lebih baik setiap waktu. Hal yang sama berlaku pada penjualan.

“Para amatir berharap. Para profesioanal bekerja.”

0 komentar: