Wilujeng Sumping diBlog Tono Tarsono "Kisukwan" Sekretaris Jenderal Komunitas Tenaga Sukwan Indonesia (KTSI)

Rabu, 25 Maret 2009

Sekapur sirih

Atas dasar tanggungjawab di hadapan Alloh SWT yang Maha Esa telah menurunkan amanat kepada umat manusia untuk menegakan kebaikan dan mencegah kemungkaran, maka terangkumlah segenap cita, rasa dan karsa untuk melangkahkan kaki mewujudkan nilai – nilai mulia mengemban amanat Ilahi yang Maha Suci.

Nilai – nilai mulia itu menjadi landasan moral dalam mengangkat harkat kemanusiaan sehingga dapat mewujudkan tatanan yang berkeadilan dalam memakmurkan alam semesta. Wujud harkat kemanusiaan itu lahir dalam bentuk peradaban yang tinggi. Namun sejarah telah mencatat adanya penyimpangan ketika peradaban dilihat hanya dari sudut material, walaupun telah mendorong kemajuan untuk mencapai tingkat hidup masyarakat yang sejahtera, akan tetapi juga melahirkan ketimpangan moral dimana kesejahteraan sebagian masyarakat diperoleh dari pengorbanan sebagian masyarakat lainnya.

Oleh karena itu, penyalahgunaan kekuasaan yang menindas dan membelenggu nilai – nilai kebenaran dan keadilan, yang melahirkan sistem yang dikendalikan oleh semangat keserakahan, kediktatoran dan kelaliman mesti segera kita akhiri dengan memulai membangun dan menerapkan sistem yang berdasarkan pada nilai – nilai kejujuran, keterbukaan, kehormatan serta semangat pengorbanan.

Sebagai wujud kesadaran atas pertanggungjawaban sejarah dan kemanusiaan, maka dikembangkanlah upaya untuk mewujudkan tatanan kehidupan pribadi dan masyarakat, jasmani dan rohani, spiritual dan material, kebebasan dan ketertiban sehingga tercapai tatanan baru masyarakat madani yang dilandasi moral agama yang bersumber dari Iman dan Taqwa menciptakan Ciamis maju berpotensi yang kondusif, Manis Manjing Dinamis.

Dengan menyebut nama Alloh SWT yang Maha Esa maka dengan segenap kekuatan yang terus menerus berjuang dalam meletakan dasar pembaharuan tata kehidupan bangsa yang lebih baik bagi seluruh anggota masyarakat, dengan ini berdiri dengan hati bersih, keluhuran jiwa, semangat membangun dengan kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas melalui kekuatan Nurani dan Keluhuran Jiwa yang ingin memperjuangkan kedaulatan rakyat, demokrasi, kemajuan dan keadilan sosial terlahir “Kaum Sukwan Tandang Makalangan” sebagai jembatan pemegang amanat masyarakat di Tatar Galuh.

0 komentar: